Skincare Tembus 91,22 Milyar, Jajal Pasar Global?

Skincare atau serangkaian perawatan kulit kini telah berubah menjadi kebutuhan primer. Trend skincare telah menjamur mulai dari orang dewasa hingga remaja. Dari tahun ke tahun, jenis-jenisnya juga semakin beragam. Umumnya dari sisi jenis akan dikelompokkan pada kebutuhan pelanggan. Contohnya seperti kebutuhan untuk mencerahkan, melembabkan, dan lain sebagainya. 

Skincare local brand  tembus  91,22 Mliliar 

Melonjaknya penjualan skincare tak ayal membuat pemilik brand berlomba-lomba untuk berinovasi pada produknya. Tak mau kalah dengan brand luar, kini local brand juga mampu bersaing di ecommerce. Penjualannya tak main-main hingga menyentuh angka 91,22 Milyar dalam kurun waktu kurang dari satu bulan. Dilansir dari sumber yang terpercaya, setidaknya ada 10 local brand yang turut berkontribusi dalam penjualan tersebut. Diantaranya adalah:

Nama Brand

Total Penjualan

Nama Brand

Total Penjualan

MS Glow

38,5 Miliar

Whitelab

3,1 Miliar

Scarlett

17-7 Miliar

Bio Beauty Lab

2,6 Miliar

Somethinc

8,1 Miliar

Emina

2,1 Miliar

Avoskin

5,9 Miliar

Elshe Skin

1,8 Miliar

Wardah

5,3 Miliar

Everwhite

1,05 Miliar

Angka yang sangat fantastis dan cukup untuk membuka mata Anda bahwa ada peluang besar dalam bisnis tersebut. Beberapa hal yang turut berpengaruh dalam melonjaknya penjualan skincare adalah:

Pertimbangan untuk jajal bisnis skincare

Penggunanya  semakin bertambah 

Saat ini, pengguna skincare semakin bertambah. Hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup zaman sekarang. Tak melulu berfokus pada perempuan, kini banyak laki-laki yang sudah mulai sadar akan perawatan kulit tersebut. Selain itu, kini banyak remaja yang juga sudah mulai menggunakan skin care sesuai dengan jenis kulitnya. Beberapa produk diantaranya adalah untuk mencerahkan kulit.

Dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit

Anda mungkin ingat jika beberapa tahun lalu kebanyakan orang lebih cenderung pergi ke dokter kulit untuk membeli cream kecantikan. Tapi sekarang trend sudah berubah dan banyak orang yang lebih memilih menggunakan skincare sebagai cara yang digunakan untuk merawat kesehatan kulit.

Produk lokal punya daya tarik tersendiri

Seperti data penjualan diatas, merek lokal kini mampu bersaing dengan brand luar. Salah satu yang membuatnya digandrungi pembeli adalah peningkatan kualitasnya. 

Selain kelima brand di atas, Anda juga bisa berkontribusi untuk memulai bisnis tersebut. Tertarik mencoba? Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan: 

Jika anda ingin membuat brand sendiri, lakukan persiapan sejak dini. Dengan persiapan yang matang anda bisa lebih fokus dan terarah membuat produk dengan brand sendiri. Berikut adalah hal-hal yang harus anda persiapkan sebelum membuat brand produk sendiri.

Skincare
https://unsplash.com/@raphaellovaski

Langkah Membangun Brand skincare sendiri

  1. Upgrade Knowledge Tentang Produk 

Memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk termasuk cara dan proses produksi, kemasan produk hingga teknik pemasarannya. Dengan bekal pengetahuan yang cukup Anda bisa memaksimalkan bisnis produk skincare.

  1. Tentukan Jenis Produk

Langkah berikutnya adalah menentukan skincare yang akan dibuat. Sebagai langkah awal dalam berbisnis, Anda bisa mulai dari satu atau dua produk pertama untuk cek ombak. Misalnya produk yang berfungsi untuk merawat kulit secara optimal. Contohnya seperti produk untuk kulit sensitif, bekas jerawat,atau produk yang bisa melindungi dari paparan sinar matahari. Jenis produk juga bisa berupa serum, toner, atau masker wajah.

Dalam menentukan jenis skincare Anda perlu memutuskan komposisi atau kandungan dalam skincare tersebut. Komposisi yang Anda tentukan akan menentukan sasaran pasar Anda seperti untuk kulit yang berjerawat, untuk kulit kering dan berminyak. 

  1. Konsultasikan Produk Kepada Ahlinya

Lakukan konsultasi dengan ahli terbaik produk yang akan dibuat mulai dari bahan pembuatan apakah aman atau tidak, hingga teknik dan cara pemakaian produk. Konsultasikan hal mendetail juga seperti waktu penggunaan produk, dan jangka waktu yang dibutuhkan agar konsumen bisa merasakan manfaatnya.

  1. Uji Coba Kelayakan Produk

untuk mengetahui keefektifan produk uji kelayakan produk diujikan dengan studi kasus yang berbeda-beda. hal ini penting lantaran konsumen yang menggunakan produk nanti juga memiliki kondisi kulit yang berbeda.

  1. Wajib Urus Legalitas

Ketika semua tahap sudah Anda lewati, maka selanjutnya Anda wajib melakukan serangkaian proses untuk mengurus legalitas brand skincare milik Anda. Sudah melakukan proses yang panjang namun tidak memiliki legalitas itu artinya skincare Anda tidak memiliki izin edar. Tak main-main, jika Anda berani mengedarkan produk yang tidak memiliki izin, Anda akan dipaksa menginap dipenjara atau didenda sejumlah uang yang cukup besar. 

Peluang Skincare di kancah International

Dengan popularitas skincare di Indonesia yang meningkat,tak ada salahnya jika coba melirik bisnis skincare dengan skala International. Skincare asal Indonesia  nyatanya mampu bersaing dengan skincare dengan merek lain. 

Baca juga: Kosmetik Halal Indonesia Siap Tembus Pasar India!

Salah satu negara yang digadang-gadang siap untuk ditembus oleh skincare lokal adalah India. 

Tembus Pasar International Dengan Bergabung Bersama ATT Group

Global Gold Supplier

Sebagai platform digital yang berpartner dengan Alibaba.com  ATT Group  ada untuk membantu Anda mewujudkan impian agar produk Anda berkibar di kancah international. ATT Group telah berkomitmen, untuk membawa jutaan UKM agar mampu bersaing di pasar International. Tak perlu menunggu lama, Anda juga bisa menjadi bagian dari jutaan UKM tersebut dengan bergabung bersama kami, ambil kese patan yang ada dan wujudkan mimpi Anda sekarang. 

Leave a Reply