Promosi adalah: Pengertian, Unsur, dan Jenis yang Mendongkrak Bisnis

Dalam dunia ekonomi, promosi adalah cara komunikasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan kepada masyarakat secara luas. Tujuan promosi adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat dan mempengaruhi mereka untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

Pengertian Promosi

Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa promosi adalah suatu kegiatan yang umum dan hampir dilakukan oleh semua perusahaan dalam memperkenalkan sebuah produk. Promosi umumnya juga umum dilakukan untuk menarik lebih banyak pembeli.  

Promosi umumnya memiliki unsur-unsur penting diantaranya adalah iklan dan diskon.  Contohnya adalah seperti sebuah brand bumbu masak yang memasang iklan di televisi dengan menawarkan harga spesial untuk periode tertentu, dimana mereka juga jenis bumbu apa yang masuk kedalam periode promosi ini.

promosi

Unsur Promosi

Diskon dan iklan adalah unsur paling penting dalam promosi. Diskon itu sendiri adalah potongan harga yang diberikan oleh perusahaan. Misalnya terdapat suatu produk yang harga jualnya Rp. 100.000 namun perusahaan memberikan diskon sebesar 30 % dimana harga jualnya menjadi Rp. 70.000. Teknik ini cukup menarik perhatian pembeli karena adanya potongan harga tersebut. Sayangnya potongan harga atau diskon tidak akan bekerja dengan sempurna dalam promosi ini jika tidak didorong dengan iklan. 

Iklan adalah bagian dari promosi yang dipakai untuk memperkenalkan keunggulan produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada calon pembeli. Bagi Anda pemilik bisnis, mengalokasikan anggaran untuk iklan adalah sebuah strategi yang harus dicoba. Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dengan melakukan strategi iklan yang tepat. Namun tentunya, memilih jenis iklan yang cocok juga jadi pertimbangan bagi Anda.

Seiring dengan perkembangan teknologi, iklan sebagai salah satu unsur promosi adalah strategi yang paling dinamis. Iklan telah memiliki berbagai bentuk yang sangat kreatif dan dengan media penyampaiannya yang juga beragam. Anda bisa iklan seperti apa yang cocok untuk promosi produk Anda. Memilih iklan yang paling sesuai dengan bisnis yang dimiliki tentunya menjadi sebuah keharusan juga. Hal tersebut karena tujuan utama promosi adalah untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada khalayak ramai. Berikut jenis-jenis iklan berdasarkan media pemasarannya yang cocok untuk bisnis Anda.

Jenis Promosi

Media luar ruangan

Pernahkan Anda terjebak macet cukup lama dan merasa bosan? Saat seperti itu biasanya indra penglihatan dan pendengaran Anda akan mulai mencari-cari sesuatu. Telinga Anda akan mulai mendengarkan suara disekitar dan mata Anda akan melihat ke sekeliling. Biasanya di momen seperti ini Anda akan melihat berbagai iklan yang muncul di billboard atau baliho besar.

Seperti itulah gambaran cara menggaet konsumen dari media iklan di luar ruangan. Setiap orang yang berlalu lalang adalah target untuk jenis promosi ini.  Promosi jenis ini cocok untuk Anda yang memiliki target pasar penduduk lokal. Namun Anda juga perlu mempersiapkan budget yang cukup untuk menyewa baliho atau mencetak spanduk.

Media elektronik

Media elektronik yang kita kenal saat ini seperti televisi atau radio bisa menjadi alternatif untuk melakukan iklan dalam rangka promosi sebuah produk.  Cara ini termasuk cara ampuh untuk mengenalkan produk ke khalayak luas. Berbeda dari sebelumnya, keunggulan media elektronik adalah bentuk iklan yang atraktif dengan audio dan atau video. Namun Anda juga Iklan juga bisa membuat iklan yang repetitif sehingga bisa mempengaruhi rasa penasaran penonton.

Jika Anda memiliki bisnis skala nasional dan ingin memasarkan produk baru, maka media elektronik bisa menjembatani keinginan tersebut. Akan tetapi perhitungkan lupa anggaran yang akan dihabiskan untuk memasang iklan di media elektronik.

Media cetak

Meski sudah banyak ditinggalkan, strategi promosi adalah hal yang beragam termasuk juga dengan media cetak. Memasang iklan di media cetak seperti koran atau majalah masih menjadi alternatif karena harganya jauh lebih terjangkau. Meskipun segala sesuatu serba digital, namun masih ada sudut-sudut kota yang mengandalkan koran terutama dalam skala lokal sebagai sumber informasi. Anda bisa memasang iklan dalam beberapa baris, kolom, maupun bentuk gambar yang lebih menarik.

Jenis iklan yang satu ini cocok untuk promosi bagi yang sedang mulai merintis usaha dan ingin memperluas jangkauan pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa membuat iklan dalam bentuk katalog dan menempatkannya di tempat-tempat umum yang terjangkau oleh target konsumen produk.

Media sosial

Salah satu media yang saat ini  sedang tren untuk beriklan adalah media sosial. Selain dianggap lebih murah, jangkauan yang didapatkan dengan ini juga cukup luas. Pasalnya sekarang semua informasi banyak didapatkan di sosial media. Beberapa media sosial yang sering dipakai adalah Facebook, Instagram, dan Twitter.

Akan tetapi tidak semua produk cocok untuk dipromosikan di semua sosial media. Sebelum Anda memasang iklan di media sosial, Anda harus mengenali terlebih dahulu karakteristik audiens dari tiap media sosial  supaya iklan tersebut bisa efektif. Belum lagi jika kita bicara soal persaingan di sosial media. Persaingan produk di media sosial yang sangat ketat, Anda harus terus mengasah kreativitas agar konsumen bisa tertarik dengan produk yang ditawarkan. Jika menginginkan iklan yang lebih fokus pada target, Anda bisa pula memilih jenis iklan yang berbayar.

Media internet

Meski sekilas terkesan sama, namun media sosial atau internet juga kini telah dilirik sebagai media beriklan yang sangat efektif. Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan yang berlomba-lomba membuat website satu sama lain. Website perusahaan berguna untuk menyampaikan informasi sebanyak-banyaknya kepada konsumen. Terlebih, saat ini orang kini lebih suka mencari melalui mesin pencarian seperti Google untuk membeli sesuatu. Peluang ini dimanfaatkan menjadi jenis iklan semacam Google Ads untuk menarik konsumen. Selain pada mesin pencari, iklan seperti Google Ads ini juga bisa disematkan pada blog serta situs-situs tertentu.

Baca juga: Marketing Mix: Pengertian, Fungsi dan Penerapannya

Bermitra dengan platform E-commerce

Ecommerce di Indonesia cukup beragam, namun jangkauannya cukup terbatas juga. Jika ingin promosi yang maksimal maka Anda bisa memasang produk Anda pada platform atau ecommerce dengan skala yang lebih luas misalnya pada ecommerce Alibaba.comAgar produk Anda bisa mejeng di platform tersebut tidaklah sulit. Anda hanya perlu dikonsultasikan produk Anda dengan kami dan mulai jangkauan luas untuk promosi bisnis Anda. 

Kembangkan Bisnis Anda bersama ATT Group

promosi

ATT Group yang telah berpartner bersama Alibaba.com menawarkan peluang emas untuk kamu dalam memasarkan produk pada kancah Internasional. ATT Group kini telah banyak UKM untuk berjaya dan memasarkan produk mereka pada skala yang lebih besar.

Peluang ini bukanlah sekedar peluang biasa, Anda juga harus bisa memanfaatkan peluang besar ini. Tak perlu khawatir, ada banyak layanan yang diberikan ATT Group salah satunya adalah pengembangan produk atau kurasi produk. Dengan layanan tersebut, nantinya produk Anda akan dilakukan perbaikan agar mampu memenuhi standar pasar global. Sudah siap bergabung, Yuk daftar sekarang juga.

Leave a Reply