Packaging: Pengertian, Unsur, Jenis dan Manfaat dalam Sebuah Brand

Secara garis besar, kita pasti paham bahwa packaging merupakan material yang berfungsi untuk membungkus suatu barang. Jika dilihat secara fungsi, biasanya  digunakan untuk melindungi barang dan menampilkan informasi tentang suatu produk. Sebelum merasakan produknya, konsumen akan terlebih dahulu melihat kemasan dari suatu produk sehingga membuatnya dengan desain menarik merupakan suatu keharusan. Selain kualitas produk, packaging merupakan unsur penting pada suatu produk karena bisa membuat produk Anda lebih berkesan. 

Pengertian packaging  merupakan kemasan yang berfungsi untuk melindungi barang atau produk dari benda asing seperti debu atau kotoran sehingga tidak mencemari dan merusak suatu barang yang ada di dalam kemasan tersebut. Memberikan informasi yang lengkap mengenai produk yang Anda jual juga merupakan nilai yang biasanya diperhatikan oleh konsumen, semua informasi itu bisa Anda sampaikan di kemasan. 

Dalam kasus ini Anda juga bisa melihat dari sisi Anda sebagai konsumen. Jika membandingkan, produk dengan kemasan  dan informasi lengkap atau produk polosan yang akan Anda pilih? Sudah tentu Anda juga akan memilih produk yang memiliki packaging menarik serta informasi lengkap bukan? Dari hal tersebut Anda akhirnya mengetahui produk apa yang punya kecenderungan dipilih oleh konsumen.

Packaging juga tersedia dalam banyak jenis yang nantinya bisa disesuaikan dengan produk apa yang Anda jual. Pernahkan Anda mendengar adagium seperti “Don’t judge book by cover” namun dalam bisnis hal tersebut tidak berlaku. Kebanyakan orang akan melihat hal tersebut dari mulai brand  hingga kemasan produknya. Berbeda dengan brand yang lebih luas, kemasan memiliki ruang lingkup lebih sederhana yaitu pada produk. 

Baca juga: Branding: Pengertian, Jenis, Dan Perbedaanya Dengan Marketing 

 

Unsur Dalam Packaging

Setiap pengusaha sudah pasti ingin jika bisnisnya tersebut bisa laku dipasaran. Jika Anda hendak merubah sebuah kemasan, pastikan Anda mengetahui unsur0unsurnya terlebih dahulu. Berikut unsur-unsur di dalam sebuah packaging: 

  1. Efisien
  2. Mampu menjamin keamanan produk
  3. Membuat desain yang mudah dikenal
  4. Mudah untuk dikirim
  5. Mencantumkan informasi bahan
  6. Mencantumkan hal yang berkaitan dengan status produk, contohnya jika produk Anda sudah lolos uji BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Selain itu, Anda juga perlu mencantumkan  logo halal dari instansi terkait.
  7. Mampu menarik perhatian konsumen

Jenis Packaging Pada Produk

Jika Anda yang ingin memilih jenis packaging yang cocok untuk bisnis Anda, simak rangkuman dari jenis-jenisnya: 

Primer

Jenis primer merupakan kemasan yang pada dasarnya langsung melekat pada produk. Jenis ini biasanya masih melekat pada produk yang juga dijual eceran. Contohnya  seperti yang terdapat pada produk makanan dalam kemasan,  sabun mandi, pasta gigi,  shampo, susu dan lainnya.  

Sekunder

Untuk jenis ini biasanya berlaku pada  produk yang sudah memiliki kemasan primer. Misalnya dalam kopi instan yang bentuknya sachet itu akan dikemas dalam bentuk renceng atau pack. Hal ini juga biasa berlaku pada produk kosmetik dan lainnya. 

 

Delivery

Jenis delivery adalah kemasan yang umumnya digunakan saat akan mendistribusikan barang. Jenis ini akan Anda temukan pada ada produk Air mineral kemasan 1 dus atau juga mie instan. 

 

Aseptic

Sesuai dengan namanya, Jenis ini akan digunakan untuk membungkus produk yang dibutuhkan kemasan steril. Produk yang membutuhkan kemasan ini adalah susu, makanan dan minuman. Kemasan ini juga biasanya berfungsi untuk membuat produk lebih tahan lama. Jenis packaging aseptik secara umum terbuat dari campuran aluminium, lapisan polietilen dengan campuran kertas. 

Berbeda dengan sebelumnya, biasanya untuk produk-produk kesehatan akan menggunakan bahan kaca seperti botol kaca. Tujuannya agar obat-obatan tersebut tidak terkontaminasi suhu dan bakteri.  

Standing pouch

Jenis standing pouch ini cukup menarik dan unik. Biasanya digunakan untuk produk makanan atau bahan masakan. Kemasan ini banyak digunakan juga oleh UKM karena memiliki tampilan yang cantik.  

Packaging wrap

Untuk jenis wrap Anda bisa melihatnya pada produk coklat atau permen. Kemasan ini berfungsi untuk memberikan perlindungan pada produk kecil yang jika diletakan di tempat lebih besar maka ia tidak akan mudah tersentuh. 

Packaging bag

Bag adalah salah satu jenis packaging yang biasanya digunakan untuk produk sepatu, dan tas. Atau bisa juga untuk jenis makanan yang tidak perlu disimpan lama seperti sayuran.  

Packing box

Jenis-jenis Box atau kotak ini mudah Anda temukan pada makanan cepat saji. Contohnya seperti pizza, dan jenis makanan lainnya. 

Packaging kertas karton

Selain menggunakan box, biasanya makanan cepat saji lainnya juga dikemas menggunakan kertas karton. Contohnya seperti roti dan makanan ringan lainnya.  

Packaging kaleng

Jenis packaging ini juga tidak sulit untuk ditemukan, pasalnya banyak juga produk makanan yang menggunakan cara ini. Selain makanan dan minuman, ada juga jenis produk lainnya yang menggunakan ini yaitu produk dengan berbahan cairan kimia dan gas. 

Fungsi Packaging

Meskipun begitu, peran serta kemasan dalam pemasaran sangatlah besar. Berikut fungsi packaging secara umum; 

  • Packaging berfungsi untuk meningkatkan daya tarik produk. Saat ini, Anda tidak bisa mengabaikan perusahaan pesaing, kemasan bisa menjadi alternatif untuk membedakan produk Anda dengan pesaing. 
  • Menjadi bentuk promosi yang sangat berpengaruh , pasalnya orang akan mudah mengingat suatu produk dari bentuk kemasannya. Jadi semakin banyak anda melakukan promosi dan didukung dengan kemasan akan lebih berdampak baik pada ingatan konsumen. Sebagai contoh anda mencari pasta gigi merek Pepsodent,sebelum mengambil produk di rak minimarket, Anda akan mudah mengenali produk tersebut meskipun dari kejauhan.
  • Menjaga kualitas produk. Produk yang Anda jual tentu membutuhkan perlindungan yang cukup agar tidak tercampur dengan debu dan kotoran. Agar bisa sampai ditangan konsumen dalam keadaan baik, maka Anda perlu kemasan yang baik dan juga kuat. 
  • Memberikan persepsi yang baik terhadap produk. Meskipun berbeda dengan branding, packaging juga cukup berpengaruh dalam memberikan persepsi terhadap suatu produk. Selain dari kualitas, membuat desain produk yang menarik cukup untuk membuat konsumen memberikan persepsi yang baik pada produk Anda. 
  • Memberikan kesan mewah pada konsumen. Beberapa jenis produk sengaja dibuat dengan packaging yang mewah. Tahukah Anda bahwa dengan packaging yang mewah secara otomatis orang akan memiliki persepsi yang mewah terhadap produk Anda. Selain itu, kemasan yang mewah dan baik itu juga akan turut dalam meningkatkan branding perusahaan Anda di mata masyarakat.
  • Selain dari semua fungsi di atas, Packaging juga bisa Anda gunakan untuk kepentingan lain dalam rangka memajukan bisnis. Contohnya jika Anda ingin produk Anda mejeng di marketplace dengan skala lebih besar seperti alibaba.com
Baca juga: Strategi Pemasaran: Pengertian dan Cara Meningkatkan Penjualan

Pasarkan Produk Anda pada Skala Internasional bersama ATT Group 

Packaging ATT group

ATT Group hadir ditengah-tengah UKM untuk membantu produk Anda memasuki pasar global. Berpartner dengan Alibaba.com ATT Group berkomitmen untuk membawa jutaan produk lokal untuk mejeng di pasar global. Dengan packaging yang baik dan menarik, produk Anda bisa juga turut bersaing dengan produk lain di kancah internasional. 

 

 

Leave a Reply