Kurva Permintaan dan Penawaran dalam Bisnis

Mendengar kedua istilah tersebut kita tahu bahwa kurva permintaan dan penawaran termasuk bagian dari ilmu ekonomi. Kedua kurva tersebut menggambarkan istilah transaksi jual beli seperti permintaan dan penawaran.

Dalam penerapannya, tentu sangat berkaitan dengan bisnis yang Anda jalani. Misalnya ketika Anda melakukan riset pasar mengenai peluang produk, Anda bisa mendapatkan perhatian dari konsumen nantinya.  Selain itu, Anda juga bisa untuk mengidentifikasi pasar.  Sebelum melakukan itu semua, Anda tentu harus mengetahui apa itu permintaan dan penawaran.

Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diminta oleh konsumen berdasarkan faktor-faktor tertentu. Hal yang diasumsikan atau bisa diartikan sebagai permintaan sebagai jumlah barang dan jasa adalah apa yang diminta oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dan situasi tertentu.

Sementara penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang ditawarkan produsen kepada konsumen dengan berbagai tingkat harga dan faktor-faktor yang diasumsikan tetap. Penawaran juga bisa diartikan sebagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen di berbagai tingkat harga tertentu.

kurva permintaan

Kurva Permintaan dan Penawaran

Kurva permintaan dan penawaran pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama. Fungsi utamanya dari keduanya untuk melihat faktor yang mempengaruhi naik turunnya barang di pasaran. Dan kurva itu sendiri  terbagi menjadi 2 yaitu kurva permintaan dan penawaran.

Kurva Permintaan

Seperti yang ada di dalam penjelasan sebelumnya, permintaan akan meningkat jika harga turun. Kurva permintaan adalah penggambaran dari penjelasan sebelumnya yang ditampilkan sebagai gambar agar lebih mudah memahaminya.

Kurva ini digambarkan mempunyai kemiringan negatif yang artinya kurva ini menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan harga barang dengan permintaan yang berbanding terbalik.

Kurva permintaan sendiri bisa mengalami pergeseran faktor yang didalamnya  mempengaruhi pendapatan. Jika pendapatan meningkat maka kurva bergeser sejajar ke kanan. Sementara jika turun kurva permintaan akan menampilkan sejajar ke kiri. 

Penggambaran kurva permintaan dapat terjadi akibat 2 hal yaitu:

Pertama, Anda pasti sudah memahami bahwa semakin banyak permintaan maka akan semakin banyak penjualan. Namun, tidak perlu memperhatikan kualitas produk yang dibuat sehingga harga menjadi turun dikarenakan kompetitor dapat masuk ke pasar yang sama dengan produk yang sama pula.

Contohnya seperti kamu menjual pakaian wanita muslim, selain itu banyak produsen yang juga membuat jenis dan warna pakaian yang sama. Dari kasus itu bisa kita lihat bahwa seiring permintaan konsumen meningkat maka semakin banyak pula kompetitor dengan produk yang sama. Dengan begitu, persaingan harga tidak dapat dihindari.

Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa yang terpenting adalah harga. Konsumen mencari  harga mana yang lebih murah, maka dari itu produsen perlu bersaing siapa yang bisa memberikan harga termurah.

Kedua, banyaknya permintaan yang datang akan membuat penjualan meningkat. Berbeda dari sebelumnya, hal ini dikarenakan pengaruh kualitas produk sehingga harga produk meningkat juga. Disini kompetitor tidak mempengaruhi harga dan loyalitas konsumen.

Kurva Penawaran

Berbeda dari sebelumnya, kurva penawaran kebalikannya dari kurva permintaan. Apabila harga suatu barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga otomatis akan naik. Berbeda juga dari sebelumnya, kurva ini mempunyai kemiringan positif yang artinya kurvanya naik dari pojok kiri bawah ke kanan atas. 

Jika sebelumnya kita memahami apa itu kurva penawaran, tidak hanya kurva tersebut yang mengalami pergeseran tetapi kurva penawaran juga. Faktor tersebut juga bisa disebabkan perubahan harga barang dan lainnya. Fungsi dari kurva ini adalah sebagai pembanding harga dengan jumlah kuantitas produk yang juga ditawarkan.

Contohnya, saat harga mie ayam Rp. 15.000,- jumlah mie ayam yang ditawarkan 150 porsi dan ketika harganya naik menjadi Rp. 17.000,- membuat meningkatkan penawaran mie ayam maka jumlah yang ditawarkan jadi 170 porsi dan seterusnya.

Dari penjelasan diatas, kita bisa memahami bahwa kurva permintaan dan penawaran adalah hal yang penting. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk bisa mengontrol kedua hal tersebut. Dengan strategi pemasaran yang diterapkan juga tentu saja akan mempengaruhi permintaan dan penawaran.

Baca juga: Marketing Mix: Pengertian, Fungsi dan Penerapannya

Peningkatan skala bisnis juga tentu saja mempengaruhi hal tersebut. Misalnya ketika Anda memasarkan produk Anda pada skala nasional dan pada skala internasional tentu saja akan ada perbedaan antara penawaran dan permintaan. Mau membuktikan? 

Tingkatkan Kurva Permintaan bersama ATT Group

kurva permintaan

Sebagai partner Alibaba.com ATT Group siap untuk membantu Anda menaikan kurva permintaan dengan memasarkan produk Anda pada skala global. ATT Group berkomitmen untuk memberikan solusi kepada UKM Indonesia untuk membuka gerbang bisnis yang lebih luas. Sejak berpartner dengan Alibaba.com, ATT Group telah membantu UKM yang ingin memasarkan produknya ke luar negeri. Ingin produk Anda mejeng di Alibaba.com ? Yuk gabung ATT Group sekarang juga dan konsultasikan produk Anda dengan tim kami.

Leave a Reply