Giveaway Sebagai Strategi Marketing, Ini Cara Mudahnya

Giveaway adalah salah satu teknik yang dilakukan oleh sebuah brand atau merek dengan menawarkan hadiah kepada audience dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Teknik giveaway juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara dalam menaikan engagement social media. Biasa sebuah brand atau merek akan menargetkan tujuan giveaway itu sendiri dengan menjadikannya sebagai syarat dan ketentuan. 

Misalnya jika tujuannya untuk menambah followers, biasanya syaratnya adalah dengan follow akun sosial media. Selain itu, jika Anda ingin semakin banyak orang yang mengenal brand Anda, maka Anda bisa meminta audiens untuk menandai teman di komentar dan membagikan konten tersebut. 

Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa giveaway adalah salah satu bentuk marketing dengan berbagai strategi yang dilakukan dalam mencapai kepentingan. Secara keseluruhan, biasanya giveaway dilakukan supaya brand tersebut mendapatkan eksposur.

Alasan mengadakan giveaway sebagai strategi marketing

Lebih dari itu, alasan diadakannya event ini adalah untuk menunjukan eksistensi produk yang Anda jual. Misalnya dengan meminta audiens untuk berfoto atau mengambil video dengan produk yang ingin dipromosikan dengan menandai kamu di Instagram Anda. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa upaya ini ternyata cukup efektif untuk dilakukan sebab membuahkan hasil yang nyata. Akun Instagram yang rutin  melakukan giveaway bisa mengalami peningkatan followers setidaknya sebanyak 70%, dan juga memancing komentar followers sebanyak 64 kali dan juga mendorong 3,5 kali jumlah like yang lebih banyak. Selain itu, ajakan menandai teman pada kolom komentar juga dapat membuat jangkauan brand menjadi lebih luas lagi. 

Dengan adanya cara ini biasanya pengguna Instagram yang mengenal brand Anda juga semakin luas. Umumnya, dalam situasi seperti itu orang juga akan mencari tahu tentang brand yang Anda promosikan. 

giveaway

Manfaat lain dari event tersebut adalah: 

  • Memungkinkan followers untuk melakukan user generated content (UGC) yang bermanfaat bagi brand Anda. 
  • Memupuk loyalitas audiens saat mereka memenangkan giveaway tersebut.
  • Mengenalkan produk kepada audiens secara cuma-cuma dan otomatis mendorong audiens untuk mengenal produk lewat hadiah yang diberikan

Meskipun dalam beberapa hal cara ini cukup baik, namun Anda perlu bersiap untuk kemungkinan lain yang juga terjadi saat melakukan event ini, diantaranya adalah:

  • Kemungkinan mendapatkan follower atau konsumen temporer.
  • Mendapatkan bot atau followers palsu.
  • Kekecewaan konsumen yang tidak menang

Baca juga: 12 Strategi Pemasaran untuk Meraup Banyak Keuntungan

6 Cara mengadakan giveaway yang efektif

Meskipun beresiko terhadap tiga hal di atas tak ada salahnya jika Anda mencoba strategi marketing yang satu ini, berikut 6 cara mengadakan giveaway yang efektif: 

Menentukan tujuan dari giveaway

Sebelum Anda mengadakan giveaway, pastikan Anda mengetahui tujuan diadakannya acara tersebut. Beberapa contoh goals yang biasanya ditargetkan sebuah brand dalam mengadakan giveaway adalah meningkatkan followers Instagram, meningkatkan penjualan, membuat audiens mendaftar lewat email, menghasilkan banyak engagement dan lainnya. Dengan adanya tujuan dari giveaway ini, Anda kemudian bisa menentukan hadiah dari event tersebut.

Persiapkan hadiah yang tepat

Sebelum membuat giveaway baiknya Anda mempersiapkan hadiah yang nanti akan diberikan. Dalam menentukan hadiah ini Anda perlu mempertimbangkan juga dengan syarat dan ketentuan yang Anda tetapkan. Misalnya jika syarat dan ketentuannya “berat” maka Anda harus bisa memperkirakan hadiah yang sebanding dengan usaha yang dilakukan oleh peserta.

Perumpamaan lain juga berlaku misalnya jika syarat dan ketentuannya terbilang cukup mudah, maka perkirakan juga hadiah yang layak untuk mereka dapatkan. Kendati demikian, hadiah yang Anda berikan haruslah yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dan pastikan Anda menghindari hadiah yang terlalu mahal namun tidak memiliki kaitan dengan bisnis Anda. 

Menentukan syarat dan ketentuan 

Ketika hadiahnya sudah kamu siapkan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan syarat dan ketentuannya. Syarat dan ketentuan ini bisa dikembalikan kepada tujuan Anda mengadakan giveaway tersebut. Selain itu, tetapkan juga tenggat waktu yang pasti supaya peserta memiliki rasa urgensi untuk berpartisipasi dalam event tersebut. Anda harus tentukan dengan jelas apa yang harus dilakukan peserta untuk ikut dalam acara itu. 

Informasikan juga waktu pengumuman mengenai pemenang dan cara Anda mendapatkan pemenang. Misalnya dengan cara diacak atau ditentukan oleh juri. Beritahukan juga hadiah apa yang akan Anda berikan nantinya supaya bisa memotivasi peserta untuk ikut dalam kuis tersebut.

Tentukan hashtag campaign

Membuat hashtag saat Anda melakukan kampanye giveaway juga sangat penting. Dari hashtag tersebut nantinya Anda bisa mengetahui berapa peserta yang mengikuti kompetisi tersebut. Saat membuat hashtag tersebut, pastikan tag yang Anda buat berkaitan dengan nama brand, produk, layanan, bisnis, tema atau kampanye Anda. Gunakan hashtag campaign yang eksklusif dan mudah diingat oleh audiens.

Promosikan event giveaway contest 

Untuk memberitahukan kepada lebih banyak audiens yang lebih banyak, Anda juga perlu perlu melakukan promosi untuk event tersebut. Biasanya promosi event ini dilakukan disemua platform media sosial dengan menggunakan hashtag tertentu.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa giveaway adalah bagian dari promosi produk yang cukup efektif dalam memperkenalkan brand Anda. Tak hanya itu, ada cara lain supaya promosi produk Anda lebih meluas tak hanya jangkauan nasional melainkan international.

Baca juga: Digital Marketing dan Cara Mudah Meningkatkan Skala Binsis

Promosikan produk dan brand Anda di pasar global bersama ATT Group

Giveaway

ATT Group telah berpartner bersama Alibaba.com bisa membantu produk Anda untuk bisa mejeng di platform tersebut. ATT Group kini telah banyak UKM untuk berjaya dan memasarkan produk mereka pada skala yang lebih besar. Seperti kita tahu bahwa Alibaba.com itu sendiri adalah platform pembelanjaan dengan skala global yang dikunjungi jutaan orang setiap harinya. Peluang ini bukanlah sekedar peluang biasa, Anda juga harus bisa memanfaatkan peluang besar ini. Tak perlu khawatir, ada banyak layanan yang diberikan ATT Group salah satunya adalah pengembangan produk atau kurasi produk. Dengan layanan tersebut, nantinya produk Anda akan dilakukan perbaikan agar mampu memenuhi standar pasar global. Sudah siap bergabung, Yuk daftar sekarang juga.

Leave a Reply