6 CARA MENCARI BUYER DARI LUAR NEGERI LEWAT INTERNET

Dalam bisnis ekspor, buyer adalah ujung tombak dari sebuah proses. Produk dan segala persiapannya sudah maksimal, jika belum mendapatkan buyer dari luar negeri bisa dikatakan belum berhasil. Apakah Anda salah satu yang mengalami, Pengusaha Indonesia?

Tantangan ekspor produk ke luar negeri memang cukup spesial. Mengapa? Banyak cara dan banyak resikonya juga. Oleh karena itu, bagi eksportir pemula riset adalah kunci sebelum menghabiskan segala daya yang dimiliki untuk produk Anda sampai di negara tujuan ekspor.

Permasalahan yang sering dialami karena belum memiliki koneksi maupun cara untuk dapat meraih buyer yang berpotensi. Maka dari itu, dibutuhkan cara lain untuk dapat menarik perhatian buyer yang mencari produk Indonesia, terkhusus produk Anda.

Cara yang paling efektif dan efesien adalah memaksimalkan teknologi internet. Salah satunya adalah memperluas jangkauan pemasaran sehingga tidak lagi terbatas oleh waktu dan tempat. Kini Anda bisa mencari buyer dari luar negeri secara digital. Berikut adalah 6 cara yang dapat dilakukan untuk mencari buyer dari luar negeri lewat digital untuk ekspor.

Buka Toko Online di B2B E-Commerce

1.B2B
1.B2B

Platform e-commerce semakin diminati oleh berbagai model bisnis, tak terkecuali model B2B. Melalui platform B2B, Anda bisa fokus pada penyediaan produk dari satu bisnis ke bisnis lainnya secara online.

Selain itu, Anda juga memiliki akses tanpa batas untuk mencari buyer dari luar negeri. Beberapa website B2B yang dapat digunakan untuk mencari buyer dari luar negeri adalah Alibaba.com, eBay.com, dan Amazon.com.

Memiliki Website Perusahaan Berbahasa Inggris

2.WEBSITE
2.WEBSITE

Selanjutnya, cara mencari buyer luar negeri adalah dengan memiliki blog/website perusahaan. Website Anda berfungsi sebagai etalase online di mana buyer dari luar negeri dapat melihat produk Anda beserta informasi terkait perusahaan. Disarankan untuk menggunakan bahasa Inggris dan fokus pada target pasar.

Apalagi dengan kondisi pandemi, website adalah salah satu alat untuk acuan riset buyer dari luar negeri dalam mencari produk unggulan dari Indonesia.

Menjajal Blogwalking

3.BLOGWALKING
3.BLOGWALKING

Setelah memiliki website, Anda sangat disarankan untuk melakukan blogwalking guna menggaet buyer potensial. Misalnya Anda menjual briket, maka lakuakn blogwalking di blog-blog yang fokus pada bahan baku industri terkenal berbahasa Inggris. Ini bisa menjadi langkah pendongkrak popularitas dan membuka koneksi baru. Anda bisa meninggalkan komentar yang positif, selain menempatkan link toko online atau website perushaan Anda.

Membuat Konten yang SEO Friendly

4.SEO_
4.SEO_

Cara mencari buyer dari luar negeri bisa dilakukan dengan membuat konten berbasis SEO. Cara ini paling murah untuk membantu website dan toko online Anda menempati posisi teratas di search engine seperti Google dan Bing. Anda bisa memulainya dengan membuat artikel dengan pemilihan SEO yang tepat. Selain optimalisasi SEO, Anda membuat strategi promosi yang tepat sasaran, menarik, dan menjual.

Promosi tidak harus berbayar, selama kita memiliki target dan kata kunci yang tepat, itu lebih baik daripada kata kunci yang banyak yang akhirnya dianggap spam oleh search engine.

Menyelami Komunitas Online

5.ONLINE-COMMUNITY
5.ONLINE-COMMUNITY

Cara mencari buyer selajutnya adalah bergabung di komunitas online yang sesuai dengan produk Anda. Misalnya, bergabung di komunitas pengusaha atau pecinta sebuah produk. Cara ini bisa dilakukan untuk mempromosikan komoditas Anda.

Komunitas Facebook juga sedang tren, mungkin ini bisa Anda coba. Saat kita meninggalkan link alamat website dan kontak, produk Anda mudah untuk dicari. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mendapatkan buyer dari luar negeri.

Melakukan Promosi dengan Google Adwords dan Facebook Ads

6.ADWORDS
6.ADWORDS

Cara selanjutnya, Anda bisa melakukan promosi berbayar yang dinilai sebagai strategi paling efektif. Algoritma dari Google Adwords dan Facebook Ads melakukan pencarian yang sangat luas.

Selain itu, Adwords dan Facebook Ads juga memiliki harga terjangkau, namun sangat ampuh untuk mempertemukan Anda dengan pengunjung potensial. Anda tinggal membuat konten dan biarkan sistem Adwords dan Facebook Ads yang bekerja untuk traffic perusahaan Anda.

Hampir semua lini kehidupan sekarang sudah terintegrasi melalui internet. Bahkan dalam bisnis ekspor pun, internet sangat memiliki peranan penting untuk mempertemukan Anda dengan buyer luar negeri. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda harus menyelami lebih dalam tentang internet sehingga wawasan bisnis Anda semakin bertambah.

Jadi sudah siap kah Anda menjadi eksportir digital? Ayo mulai bersama kami dengan bergabung menjadi global gold membership di Alibaba.com. Kami yakin bisnis Anda akan mampu bersaing di ranah global, karena Anda #BeraniEkspor!